Call Us : 0233281043 - Mail : rsu.majalengka@gmail.com

SURVEI VERIFIKASI AKREDITASI KE-1 RSUD MAJALENGKA

Akreditasi rumah sakit merupakan suatu proses dimana suatu lembaga yang independen melakukan asesmen terhadap rumah sakit. Tujuannya untuk menentukan apakah rumah sakit tersebut memenuhi standar yang dirancang untuk memperbaiki keselamatan dan mutu pelayanan. Standar akreditasi sifatnya berupa suatu persyaratan yang optimal meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien, memastikan bahwa lingkungan pelayanan aman dan rumah sakit senantiasa berupaya mengurangi resiko bagi para pasien dan staf rumah sakit. Dengan demikian akreditasi diperlukan sebagai cara efektif untuk mengevaluasi mutu suatu rumah sakit yang sekaligus berperan sebagai sarana manajemen.



Self Asesment Survey Akreditasi

Selama satu minggu Tim Asesor internal survey akreditasi RSUD Majalengka melaksanakan kegiatannya di RSUD Majalengka, hasil dari self Asesment menunjukkan terdapat kenaikan capaian nilai dari standar akreditasi menjadi rata - rata nilai 83 %, dengan capain tersebut diharapkan satu bulan kedepan kita berada pada nilai di atas 85 % sehingga capaian akreditasi dapat paripurna.

Akreditasi sejatinya adalah bagaimana melaksanakan pelayanan kepada masyarakat secara paripurna, ujar ketua Tim Akreditasi RSUD Majalengka dr. Melindah, SP. Pd.



Fasyankes Wajib Utamakan Keselamatan Pasien

Jakarta, 25 September 2017

Implementasi UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan UU No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit diharapkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dapat terus meningkat mutunya. Hal ini dapat d...


Diet Diabetes Melitus

Berdasarkan data BPS tahun  2003 prevalensi penderita diabetes melitus  pada daerah perkotaan sebesar 14,7 % dan daerah pedesaan sebesar 7,2 %, maka diperkirakan pada tahun 2003 terdapat diabetisi sejumlah 8,2 juta didaerah perkotaan dan 5,5 juta didaerah pedesaan. Selanjutnya berdasarkan pola penambahan penduduk, diperkirakan 2030 nanti akan ada 194 juta penduduk yang berusia diatas 20 tahun dan dengan asumsi prevalen...


SISTEM INFORMASI MANAJEMEN MUTU (SIMAMU)

Dalam rangka menjamin kulitas layanan Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka, Bidang Perlitbang dengan tim IT Rumah sakit melaunching program Sistem Informasi Manajemen Mutu RSUD Majalengka.

Sistem ini merupakan tools atau alat untuk mengukur mutu layanan Rumah sakit Majalengka yang meliputi Mutu Kunci, Mutu Are Manajemen maupun Sasaran Keselamatan Pasien. kesemuanya itu diharapkan dapat menjadikan Rumah Sakit Majalengka menjadi Rumah Sakit yang terpercaya dan menjadi solusi dalam menangani kesehatan masyarakat.


Pelatihan BHD Bagi Seluruh Pegawai RSUD Majalengka

Bantuan Hidup Dasar adalah tindakan darurat untuk membebaskan jalan napas, membantu pernapasan dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu. Bantuan hidup dasar bertujuan untuk oksigenasi darurat secara efektif pada organ vital seperti otak dan jantung melalui ventilasi buatan dan sirkulasi buatan sampai paru dan jantung dapat memenuhi kebutuhan oksigen tubuhnya sendiri secara normal. 


Imunisasi Measles dan Rubela Lindungi Anak Kita

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital di antaranya meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan. Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk kedua penyakit ini. Satu vaksin mencegah...


DEMAM DENGUE DAN DEMAM BERDARAH

Demam dengue atau yang dikenal juga oleh masyarakat Indonesia sebagai demam berdarah (DBD) merupakan penyakit yang disertai dengan peningkatan suhu tubuh penderita dimana peningkatan suhu tubuh ini seringkali sangat tinggi. Gejala lain secara umum adalah timbulnya keluhan sakit kepala, nyeri sendi, otot, dan tulang, serta nyeri di bagian belakang mata. Tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui bahwa demam dengue dan demam berdarah merupakan dua kondisi yang berbeda. Demam berdarah atau dengue hemorrhagic fever (DBD) merupakan komplikasi dari demam dengue (dengue fever) yang memburuk. Fase dimana terjadi penurunan suhu tubuh menjadi normal atau mendekati normal, biasanya pada hari ketiga demam seringkali bukan pertanda bahwa demam akan segera sembuh. Sebaliknya , gejala DBD memas...