Sambutan


Asalamualaikum wr.wb.

Para Netizen yang di rahmati Allh SWT, Ditengah perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat dalam era ‘tanpa batas’ yang kita hadapi saat ini, pola komunikasi antara rumah sakit dengan seluruh stakeholder-nya perlu diupayakan secara cepat, efektif, efisien, interaktif dan berkelanjutan. Kami meyakini bahwa terbentuknya pemahaman yang sama terhadap suatu informasi akan menjadi modal penting bagi terbangunnya rasa percaya (trust) sekaligus dapat meminimalisir dampak yang timbul akibat pemahaman yang keliru terhadap sebuah informasi. Disisi lain RSUD Majalengka sebagai penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Majalengka juga perlu membuka diri terhadap peran serta masyarakat, baik berupa masukan pendapat, pengaduan, kritik ataupun saran, yang partisipatif, konstruktif dan bertanggung jawab.

Website ini kami hadirkan untuk dapat menjadi jendela informasi mengenai eksistensi, berbagai kegiatan yang telah ataupun sedang dilakukan, fasilitas-fasilitas, jenis-jenis pelayanan, program-program maupun kebijakan-kebijakan pelayanan dan berbagai hal lain tentang RSUD Majalengka. Selain itu website ini juga kami rancang untuk dapat menjadi perangkat interaksi antara rumah sakit dengan masyarakat. Fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan untuk membantu dan mempermudah masyarakat mengakses pelayanan serta untuk menyampaikan pendapat ataupun kritik saran juga telah tersedia pada website ini sehingga dapat memberi ruang yang lebih besar bagi peran partisipatif masyarakat.

Kami berharap website ini dapat mengakomodasi kedua hal tersebut dan dikelola secara seimbang yang kemudian diimplementasikan melalui upaya-upaya pelayanan terbaik dan upaya-upaya perbaikan yang sungguh-sungguh dan terukur, sehingga pada gilirannya diharapkan dapat menghasilkan kinerja pelayanan publik yang prima, akuntabel serta memenuhi atau bahkan melebihi harapan masyarakat. Kami menyadari bahwa website ini masih belum sempurna. Karena itu, kritik dan saran Anda untuk membuat website ini semakin baik akan sangat kami hargai. Semoga website ini bermanfaat bagi kita semua, Semoga Allah SWT, dapat memberikan kemudahan bagi kita semua untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan informasi yang benar dan akuntabel lewat sarana website ini.

Wasalamualaikum wr.wb.

dr. H. Harizal Ferdiansyah Harahap, MM.Kes

Visi, Misi dan Motto


Visi RSUD Majalengka

“Menjadi Rumah Sakit Terpercaya dan Pilihan Utama di Kabupaten Majalengka Tahun 2018”.

Misi RSUD Majalengka

  1. Melaksanakan upaya kesehatan secara berdaya guna dan berhasil guna
  2. Mengutamakan upaya penyembuhan dan pemulihan yang dilakukan secara serasi dan terpadu
  3. Upaya peningkatan, pencegahan dan melaksanakan upaya rujukan
  4. Melaksanakan pelayanan yang bermutu sesuai standar pelayanan Rumah Sakit
  5. Meningkatkan IPM Kabupaten Majalengka Tahun 2018

Motto RSUD Majalengka

REMAJA (Ramah, Efektif, Mudah, Aman, terjangkau)

Sejarah


Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka berdiri sekitar tahun 1911. Yang tercatat menjadi Direktur pertama Rumah Sakit Majalengka yaitu dr R Gambiro Prawirosudirdjo pada tahun 1946-1948, lalu pada tahun 1960 adalah seorang berkebangsaan Jerman, dr. Med ED Germany . Kemudian pada tahun 1965 dr. Med ED.Germany kembali ke negerinya dan untuk sementara pimpinan Rumah Sakit Majalengka dipegang oleh Kepala Dinas Kesehatan Dati II Majalengka, yaitu dr. le Tiong Bie atau dr. Iwan Satibi.

Pada saat itu, Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka merupakan Rumah Sakit Kelas D. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majalengka terus berkembang disertai dengan hadirnya dokter-dokter spesialis yaitu Spesialis Kandungan, Spesialis Dalam, Spesialis Anak dan Spesialis Bedah sehingga Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka dianggap memenuhi persyaratan untuk ditingkatkan kelasnya menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka kelas C pada tahun 1988 dengan Surat Keputusan Menkes Nomor. 105/Menkes/SK/II/tahun 1988.

Pada tahun 2009, RSUD Majalengka mendapatkan sertifikat Akreditasi Rumah Sakit berdasarkan nomor YM.01.10/III/2099/09 dengan Status Akreditasi Penuh untuk 5 (lima) Standar Pelayanan meliputi : Administrasi Manajemen, Pelayanan Medis, Pelayanan Gawat Darurat, Pelayanan Keperawatan dan Rekam medis. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Organisasi Perangkat Daerah dan Peraturan Pemerintah Daerah Majalengka Nomor 10 tanggal 1 Desember Tahun 2009 Tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Majalengka, maka Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka menjadi salah satu Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Majalengka dan ditetapkan sebagai Rumah Sakit Umum Daerah kelas C. Selanjutnya Rumah Sakit Umum Daerah Majalengka mengalami perubahan pengelolaan keuangan dan menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah status BLUD Penuh dengan Keputusan Bupati nomor 48 tahun 2010 tanggal 22 Februari 2010 tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah .


Nama-nama Pimpinan RSUD Majalengka :

  1. dr. R Gambiro Prawisudirdjo Periode 1946-1948
  2. dr. Med ED Germany Periode 1960-1965
  3. dr. Iwan Satibi Periode 1965-1966
  4. dr Dadang Sulaeman Rusdi Periode 1066-1971
  5. dr. Muchyidin Hanafi S Periode 1973-1984
  6. dr H Gufron Amali Periode 1984-1997
  7. dr H Endang Suhenda Periode 1997-1998
  8. dr Irama Nirwana Lubis 1998-2001
  9. dr H Maman Suparman Gani Periode 2001-2003
  10. dr H Eddy Rudianto, M.Kes. Periode 2003-2006
  11. dr H Hamdi, M.Kes Periode 2006-2008
  12. dr H Asep Suandi Periode 2008-2009
  13. H Alimudin, S.Sos. MM Periode 2009-2011
  14. dr. H Asep Suandi Periode 2011-2016
  15. dr H Harizal F Harahap, MM Periode 2016- Sekarang